Friday, March 7, 2014

Menyimak Fungsi Perpustakaan

 Perpustakaan biasanya identik dengan dunia pendidikan, karena pada umumnya memang terdapat di lembaga-lembaga pendidikan. Masyarakat awam menilai perpustakaan hanya sebagai tempat dimana terdapat rak, dengan buku-buku yang berjajar, seolah-olah di samakan dengan toko buku, karena memang demikian lah fungsi dari perpustakaan menurut kebanyakan orang

Perpustakaan biasanya identik dengan dunia pendidikan, karena pada umumnya memang terdapat di lembaga-lembaga pendidikan. Masyarakat awam menilai perpustakaan hanya sebagai tempat dimana terdapat rak, dengan buku-buku yang berjajar, seolah-olah di samakan dengan toko buku, karena memang demikian lah fungsi dari perpustakaan menurut kebanyakan orang.   Maksud dari didirikan nya perpustakaan adalah menyediakan sarana atau tempat untuk menghimpun berbagai sumber informasi, untuk di koleksi secara berkesinambungan,  di olah dan diproses melalui suatu rangkaian tertentu. Secara garis besar perpustakaan berfungsi sebagai sarana untuk melestarikan peradaban manusia,  dengan mengumpulkan, memelihara dan menggunakan kembali koleksi-koleksi perpustakaan yang merupakan sumber informasi.

Awalnya perpustakaan diartikan sebagai sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual ( Sulistyo, Basuki ; 1991 ).

Menilik pengertian di atas terdapat dua unsur utama yaitu ruangan dan koleksi, dan dapat disimpulkan bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dan dapat digunakan oleh pemakainya sebagai sumber informasi. ( Sugiyanto ).

Menurut Drajat (Drajat; 2009), setidaknya terdapat lima fungsi dari perpustakaan. Pertama, merupakan sumber segala informasi. Kedua, merupakan fasilitas pendidikan nonformal, khususnya bagi anggota masyarakat yang tidak sempat mendapatkan kesempatan pendidikan formal. Ketiga, sarana atau tempat pengembangan seni budaya bangsa, melalui buku atau majalah. Keempat, karena keragaman bahan bacaan yang disimpannya, perpustakaan sekaligus memberikan hiburan bagi pembacanya. Dan kelima, merupakan penunjang yang penting artinya bagi suatu riset ilmiah, sebagai bahan acuan atau referensi.

Namun demikian masih jarang sekali orang yang memanfaatkan perpustakaan untuk kepentingan seperti yang disebutkan di atas, bahkan di kalangan perpustakaan perguruan tinggi sekalipun, pada kenyataanya banyak sekali mahasiswa yang tidak pernah mengunjungi perpustakaan dari awal kuliah hingga yang bersangkutan lulus, dan banyak sekali dari mahasiswa yang mengunjungi perpustakaan hanya ketika mereka menyusun tugas akhir dan skripsi, pada proses nya pun jarang dilakukan penelitian yang benar-benar melibatkan fasilitas perpustakaan,  yang dilakukan hanyalah “mencotek” atau “mengutip” hasil dari penelitian orang lain, meskipun tidak semua mahasiswa berlaku demikian.


Kondisi yang seperti ini perlu dicarikan “solusi”  iklim yang mendukung fungsi dari perpustakan perlu di ciptakan, dan menciptakan iklim tersebut dapat dilakukan salah satunya adalah dengan cara mendidik pengguna (user education) sehingga fungsi dari perpustakaan dapat difahami dengan baik. (source)

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.